Viral Driver Ojol Kuat Iman Menolak saat Diminta Menemani Customer di Dalam Kamar
Video Viral Motor Driver Ojol Ditendang Pengendara Vespa, Netizen Ribut Siapa yang Salah
Video viral ini merekam detik-detik seorang ibu menolak membayar paket COD yang diantar kurir.
"Bu, paket udah dibuka tapi nggak mau ngambil ya?" tanya kurir sambil merekam.
Emak-emak ini lalu mengatakan bahwa baju dalam paket kesempitan.
"Sempit, sempit!" kata ibu ini sambil menunjuk-nunjuk.
"Ini mau viral nih," kata kurir paket.
"Viralkan dah," jawab ibunya.
BACA JUGA:
Viral Video Kurir COD Dimarahi Customer sampai Dihina Otak Kamu Mana?
Pulang Merantau Nyamar Jadi Ojol, Suami Kaget Lihat Istri Dandan Begini di Belakangnya
Emak-emak tersebut terus menghindari kurir yang merekamnya.
"Ini guys, udah dibuka nggak mau dibeli," kata kurir sambil menunjukkan paket yang sudah dibuka.
Ibu tersebut lalu pergi menjauhi kurir.
"Sempit, tahu nggak sempit," kata emak-emak itu kembali mengulangi alasannya ogah menerima isi paket COD yang sudah ia buka.
Kurir tersebut kemudian menyarankan kepada emak-emaknya untuk tidak memesan paket lagi.
"Udah dibuka nggak mau dibeli bu, besok-besok nggak usah pesen paket lagi ya," kata abang kurir sambil terus merekam.
Emak-emak tersebut seakan tak peduli dan melengos pergi.
BACA JUGA:
Viral Warga Lewati Jalan Cor Belum Kering, 'Giliran Rusak Ntar Nyalahin Pemerintah'
Menegangkan! VIDEO Viral Driver Ojol Terseret saat Motornya Diambil Debt Collector
Video emak-emak nggak mau bayar paket COD padahal sudah dibayar ini viral di sosmed, salah satunya diposting oleh akun Instagram infokediriraya.
Begini captionnya:
Dan terjadi lagi....
Emak-emak Tak Mau Bayar Usai Buka Paket COD
Video : dickyantika
Postingan ini pun banyak dikomentarin netizen.
"Perlu edukasi min ke masyarakat sistem COD seperti apa..supaya gak terus kejadian kyk gt kan..dipikir kyk belanja di pasar diliat2 cocok dibayar, gak cocok gak mau bayar.."
"COD dihapus ajalah. Kasian"
"Bang kurir nya bisa mengajukan blacklist aja akun ibunya itu."
BACA JUGA:
Viral Warkop Diduga Kena Santet, Banyak Belatung, Makanan Baru tapi Cepat Busuk
Dugem Halal Viral di Tiktok, Ini Asal Usul Dugem Halal yang Tuai Pro Kontra
"Dasaarrr .. aku gemasshhh pingin hih"
"Mereka yg gak paham istilah telnologi sok-sokan an beli di online"
"TOLONG BANGET YA , DI AJARIN DULU KALAU MAU MAEN APLIKASI BELANJA APLIKASI YG LAIN YG BERHUBUNGAN DENGAN ONLINE DIAJARI BAGAIMANA MEMBELI BARANG SIAPA YG MENJUAL , KURIR BUKAN PENJUAL TOLONG DIJELASKAN JUGA , PANTAU JUGA KALAU MAU BELI APA APA JELASKAN BAIK BAIK"
"Alhamdulillah selama saya bayar cod aman2 aja,waktu itu pernah CODan 3 mukena total hampir 2 juta,yg 2 aman yg satu agak kekecilan bagian dagu tapi tidak masalah tinggal saya lepas jahitan.
Ya klo beli online ya resikonya gitu kadang gak muat,klo gak mau kyak gitu mending beli langsung ke toko buk ibuk tinggal pilah pilih"
"Cod (cuma ok doang)"
BACA JUGA:
Viral Penjual Gorengan Bongkar Tabungan, Isinya Bikin Karyawan Minder
Pilu, Anak Driver Ojol Alami Pendarahan Otak, Tagihan di RS Rp 50 Juta dan Terus Bertambah
"Jangan2 si ibu pesennya nawar. mangkanya brg yg dtg g sesuai ekspetasi"
"Kebiasaan kalo belanja online nggak diliat rating ama ulasannya"
"Klo mau balikin paket ya ke penjual nya buu kasihan pak kurirnya....."
"Blnjo di pasar aja mak,,nggak usah sok-soakn belanja online"
Aturan COD Shopee
Melansir dari Shopee, ini aturan COD Shopee!
Apa itu Metode Pembayaran COD (Bayar di Tempat)?
COD (Bayar di Tempat) adalah metode pembayaran yang dilakukan secara langsung di tempat, setelah pesanan dari kurir diterima oleh Pembeli.
Untuk metode pembayaran COD, tidak ada biaya yang dikenakan ke Penjual. Biaya penanganan yang berlaku untuk seluruh Pengguna Shopee dengan ketentuan berikut:
- Untuk pesanan COD pertama s/d ke-6 kali akan dikenakan biaya penanganan sebesar 0%. Khusus Pengguna lama, biaya penanganan akan dihitung secara prorata, yaitu berdasarkan jumlah transaksi COD yang telah digunakan sebelum tanggal 25 Januari 2021 (contoh: jika Pengguna telah memesan 3 kali sebelum tanggal 25 Januari 2021, biaya penanganan sebesar 0% hanya akan berlaku pada pesanan ke-4 s/d ke-6).
- Untuk pesanan COD ke-7 dan seterusnya akan dikenakan biaya penanganan sebesar 3%.
- Pengguna yang teridentifikasi sebagai Dropshipper, baik dengan mengaktifkan tombol fitur dropship ataupun yang teridentifikasi pernah melakukan transaksi COD ke lebih dari 3 alamat yang berbeda, akan dikenakan biaya penanganan sebesar 9%.
- Penjual yang teridentifikasi secara sistem memiliki pesanan dropship melebihi pesanan normal, maka seluruh pesanannya akan dikenakan biaya penanganan sebesar 9%.
- Pembeli yang teridentifikasi menggunakan Browser Komputer/Handphone saat melakukan checkout dikenakan biaya penanganan sebesar 9%.
Catatan:
- Pembeli harus melakukan pembayaran secara tunai ke kurir sebelum menerima/membuka paket.
- Pembeli yang melakukan penolakan pembayaran atau tidak ada di tempat saat kurir mengirim paket sebanyak 2 kali akan diblokir dari sistem pembayaran COD selama 60 hari ke depan.
Apakah Pesanan COD (Bayar di Tempat) Termasuk dalam Perhitungan Total Biaya Ongkir?
Ya, pesanan COD juga akan masuk ke perhitungan total biaya ongkir. Tetapi, pesanan COD yang dikembalikan atau gagal dikirim tidak akan terhitung.
FAQ COD (Bayar di Tempat)
- Apakah ada biaya yang harus Penjual keluarkan untuk menggunakan fitur COD (Bayar di Tempat)?
Penjual tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk menggunakan metode pembayaran COD (Bayar di Tempat), baik biaya pengiriman barang ke Pembeli maupun biaya pengiriman ke Penjual jika terjadi pengembalian barang.
- Apa yang terjadi jika Pembeli tidak dapat dihubungi, menolak, atau tidak mau membayar ketika menerima barang COD?
Pesanan yang gagal dikirimkan ke Pembeli akan segera dikembalikan ke Penjual. Sebagai bentuk perlindungan dari Shopee untuk Penjual, Pembeli yang tidak dapat dihubungi, menolak atau tidak membayar pesanan sebanyak 2 kali berturut-turut akan dikenakan penalti, yaitu tidak dapat menggunakan metode pembayaran COD (Bayar di Tempat) selama 60 hari ke depan setelah penolakan pesanan kedua.
- Apa yang harus dilakukan Penjual apabila Pembeli melakukan pengembalian produk namun kondisi produk yang dikembalikan tidak seperti semula saat dikirim oleh Penjual?
Penjual akan diberikan 7 hari untuk mengonfirmasi keadaan barang dihitung sejak Pembeli mengembalikan barang. Jika barang yang dikembalikan dalam keadaan rusak/tidak seperti semula, Penjual harus melampirkan foto bukti keadaan barang yang dikembalikan, kemudian tim Shopee akan melakukan investigasi. Jika terbukti kesalahan dari sisi Pembeli, Penjual akan menerima uang pengembalian. Pelajari lebih lanjut mengenai cara pengembalian di sini.
- Bagaimana proses pelepasan dana Penjual untuk pesanan COD?
Dana akan diterima setelah 1x24 jam dari sejak:
- Pembeli telah menyelesaikan pesanan dengan klik Pesanan diterima melalui aplikasi Shopee.
- Masa Garansi Shopee telah berakhir untuk transaksi yang sedang berlangsung.
Pelajari lebih lanjut mengenai proses pelepasan dana di sini.
Pelajari juga mengenai proses penarikan dana di sini dan durasinya di sini.
- Apa yang harus Penjual lakukan jika terdapat perbedaan ongkos kirim yang menyebabkan terpotongnya total dana penghasilan?
Penjual dapat mengajukan klaim dan pelaporan ke Customer Service Shopee dengan menyertakan detail berikut:
- Username Penjual
- Nomor pesanan yang berkendala
- Jika terdapat selisih biaya ongkos kirim, apakah Penjual harus melaporkan ke pihak jasa kirim?
Tidak, Penjual diharuskan membuat laporan ke Customer Service Shopee dan bukan ke pihak jasa kirim. Hal ini dikarenakan perhitungan ongkos kirim menggunakan rincian yang tersedia di sistem Shopee seperti berat produk yang dimasukkan, dimensi produk, jarak pengiriman dan faktor lainnya:
- Jika selisih ongkos kirim dikarenakan Penjual memasukkan berat produk yang tidak sesuai dengan berat aslinya, maka Penjual yang akan menanggung selisih ongkos kirimnya.
- Jika selisih ongkos kirim dikarenakan terdapat kendala di pihak Shopee/Jasa Kirim, Shopee akan membantu untuk melakukan penyesuaian dana di Saldo Penjual. Shopee akan berkoordinasi dengan pihak Jasa Kirim jika diperlukan.
Sumber foto: Instagram/shopee_id